Getaran dan Gelombang

SEBELUM MEMBACA DIHARAPKAN UNTUK ABSEN TERLEBIH DAHULU

 

Halo sobat… semoga Allah selalu melindungi kita dari perbuatan sia-sia… dan siap menerima ilmu….

kali ini kita akan membahas:

  • Pengertian Getaran
  • Ciri-Ciri Suatu Getaran
  • Pengertian Gelombang
  • Gelombang Mekanik
  • Memerlukan Medium
  • untuk Merambat
  • Panjang Gelombang
  • Cepat Rambat
  • Gelombang
  • Pemantulan Gelombang

PETA KONSEP

  1. Pengertian Getaran

rupanya kalian sudah gak sabar ya…

paling mudah contoh getaran itu ayunan terus Bandul

biar lebih faham contoh gambar:

setelah dilepaskan dari tangan maka bandul akan bergerak bolak-balik iya kan….?

                                A                                          B                                             C

nah… gerakan bolak balik dari titik keseimbangan itu disebut getaran. ok…

owh…. yah…. hampir lupa per (pegas) juga bisa disebut getaran:

  • A
  • B
  • C

kalau kalian perhatikan gambar dari titik A sampai C yaitu: A – B – C – B -A   atau bisa juga B – C – B – A  – B ——->ini disebtu satu getaran.

Ciri-Ciri Suatu Getaran

selanjutnya….. setiap getaran pasti ada yang terbuang atau terpakai apa itu? pasti kalian gak tau kan? yang terbuang atau terpakai itu adalah waktu getar.

maksudnya, waktu yang dipakai untuk sekali getaran (dari A – B – C – B – A). kalau bahasa ilmiahnya Periode lambangnya T satuannya sekon atau detik

berarti jika demikian bisa jadi dalam satu detik terdapat banyak getaran ya gak? dan inilah mengapa nyamuk berbunyi —-nguuuuuuuuung—– itu disebabkan sayapnya yang mengepak dengan banyak getaran setiap detiknya. Menurut Mbah Google kepak nyamuk itu 300 – 600 kali per detik (wow…)

kita kembali ke…. getaran

Kalau tadi waktu yang dipakai yaitu periode, berarti banyaknya getaran dalam detik itu apa? nah….  banyaknyaknya getaran dalam tiap detik itu disebut Frekwensi.

Jadi klop kan. Perode seudah, Frekwensi sudah… nah bagaimana apakah ia berhubungan? ya jelas lihat saja pernyataanya…. Perode = waktu dipakai bergetar, Frekwensi = Banykanya getar dalam waktu detik.

jadi hubungannya adalah:

Rumus Hubungan Frekwensi dengan Periode

biar tambah ngerti lihat Video ini…

  1. Pengertian Gelombang
  2. Gelombang Mekanik
  3. Memerlukan Medium
  4. untuk Merambat
  5. Panjang Gelombang
  6. Cepat Rambat
  7. Gelombang
  8. Pemantulan Gelombang

2 responses to “Getaran dan Gelombang

  1. soalnya yg mana lagi si pak -_-”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s